
DESKRIPSI
AniTalks merupakan sebuah platform yang menyediakan forum diskusi berbasis audio mengenai topik yang berkaitan dengan anime. AniTalks juga menyediakan fitur untuk melihat rekomendasi Anime berdasarkan keinginan pengguna dan membagikan rekomendasi Anime dengan gaya baru. Sehingga, AniTalks akan membuat pengalaman menonton Anime menjadi lebih menyenangkan.
PROSES DESAIN
NEED
FINDING
Kami melakukan wawancara Needfinding kepada 6 orang berbeda dalam waktu 2 minggu dan dilakukan dengan 2 sesi. Sesi pertama dilakukan secara Offline dari 3 narasumber berbeda dimana terdiri dari satu extreme user, moderate user, dan casual user. Selanjutnya kami kembali melakukan wawancara pada 3 user berbeda untuk mendapatkan hasil wawancara Needfinding yang lebih akurat.
POV & EXP. PROTOTYPE
Pada tahap ini kami melakukan konstruksi POV dari hasil needfinding, setelah itu kami memilih 3 POV terbaik yang ingin kami gali lebih lanjut insightnya untuk dijadikan pertanyaan ide yang berstruktur Bagaimana Kita Bisa ? (BKB) yang selanjutnya akan kami lakukan penyeleksian sehingga mendapatkan hasil berupa 3 BKB terbaik. Dari 3 BKB terbaik kami melakukan brainstorming hingga mendapatkan 3 contoh solusi yang akan diuji pada prototipe pengalaman.
VIDEO KONSEP
Video Konsep ini kami buat berdasarkan 3 storyboard yang dibuat berdasarkan 3 user task utama dari aplikasi kami. 3 storyboard ini diolah menjadi 3 scene utama yang keseluruhannya menggunakan sudut pandang third person, lalu diolah menjadi satu video konsep.
LO-FI PROTOTYPE & TEST
Setelah diputuskan bahwa kami akan mengembangkan mobile apps, selanjutnya kami membuat sebuah Lo-Fi Prototype yang memiliki tampilan sederhana dan lebih berfokus pada fungsionalitas aplikasi yang kami tawarkan. Setelah membuat Lo-Fi prototype, kami melakukan usability testing kepada 3 narasumber berbeda dan mendapatkan banyak masukan untuk menjadi bahan pertimbangan dalam mengembangkan prototipe selanjutnya yaitu Med-Fi Prototype.
MED-FI PROTOTYPE
Pada tahap pengembangan prototype med-fi, kami menggunakan Figma. Penggunaan figma memudahkan kami untuk membuat prototype AniTalks menjadi lebih realistis dan menambahkan unsur estetika pada desain. Kami mulai menggunakan sistem desain, lalu memperbaiki antarmuka untuk halaman utama maupun setiap user task. Evaluasi kami lakukan dari feedback yang diberikan setiap narasumber, setelah itu kami mempelajari unsur-unsur heuristik untuk ditumpahkan ke dalam sistem desain baru.
EVALUASI HEURISTIK KELOMPOK
Pada tahapan ini, prototipe med-fi AniTalks diberikan penilaian oleh tim penguji dari kelas DPP C. Berikut adalah dokumen hasil penilaian evaluasi heuristik dari prototipe med-fi kami yang akan menjadi salah satu dasar perubahan untuk prototipe hi-fi yang akan kami kerjakan
HI-FI PROTOTYPE
Pada tahap pengembangan prototype Hi-Fi, kami mengevaluasi hasil pengujian heuristik yang telah dilakukan oleh tim penguji. Kami mempertimbangkan apakah pelanggaran perlu untuk diperbaiki atau dibiarkan dulu saja karena batasan waktu, jadi kami memperbaiki pelanggaran major dengan tingkat keparahan 3-4 terlebih dahulu. Setelah itu, kami memperhatikan kembali feedback yang didapatkan mengenai fitur yang ada, dan berdasarkan feedback yang diberikan, kami menambah fitur baru untuk setiap user task dari AniTalks.
POSTER
&PITCH SLIDE
Pada tahapan ini, kami membuat poster dan pitch slide yang akan dipresentasikan dalam 30-second pitch. Kami memutuskan untuk menunjukkan keunggulan fitur yang ada pada prototipe aplikasi yang kami buat di pitch slide. Sedangkan poster kami menunjukkan penjelasan masalah dan solusi serta proses perkembangan desain aplikasi kami. Selain itu, kami juga membuat video demo 1 menit untuk ditampilkan.
ANGGOTA

M. Yusuf Sulaiman
05211940000014
​
Developer

Muhammad Rafif
05211940000015
​
Designer

Andhika Prasandy R.
05211940000055
​
Product Manager

Arifal Akmal
05211940000144
​
Developer